FAQs

Written by Super User on . Posted in Uncategorised

FAQ2 

Q

A

Apa itu Proyek HPEQ?

Proyek HPEQ adalah Proyek yang dijalankan oleh Ditjen Dikti, yang memiliki misi untuk meningkatkan kualitas input, proses dan output sistem pendidikan melalui penataan sistem akreditasi, sistem uji kompetensi dan peningkatan kapasitas institusi pendidikan melalui hibah kompetisi.

Dimanakah kantor Proyek HPEQ?

Gedung Victoria, Lantai 2

Jl. Sultan Hasanuddin Kav.47-51 Jakarta 12160

Apa saja indikator kerja utama Proyek HPEQ?

1. Terbentuknya lembaga akreditasi independen yang akan melakukan akreditasi program studi kesehatan (pendidikan dokter, keperawatan, dan kebidanan).

2. Terbentuknya lembaga uji kompetensi tenaga profesional kesehatan secara nasional.

3. Seluruh program studi kesehatan yang berijin telah menjalani proses akreditasi dan hasilnya diumumkan.

4. Seluruh lulusan pendidikan kesehatan dari program studi yang berijin mengikuti uji kompetensi nasional.

5. Jumlah lulusan pendidikan dokter yang lulus uji kompetensi pada kesempatan pertama meningkat, diukur dari menurunnya tingkat ketidak lulusan menjadi separuh dari kondisi baseline.

6. Peningkatan nilai rerata peserta ujian sertifikasi dari FK penerima hibah FAP, dibandingkan dengan FK non penerima hibah FAP. Indikator tersebut diukur setiap tahun.

7. Persentase program pendidikan dokter yang menerima hibah pengembangan yang terakreditasi, minimum C untuk kelompok lemah dan baru, dan minimum B untuk kelompok sedang.

Apa fungsi dari Komponen 1?

Komponen 1 proyek HPEQ berfokus pada penguatan kebijakan dan prosedur sistem akreditasi, dan memiliki tujuan utama mendirikan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes)

Sebutkan visi dan misi LAM-PTKes?

Visi : Terjaminnya mutu pendidikan tinggi kesehatan yang berstandar global.

Misi : Terselenggaranya akreditasi nasional pendidikan tinggi kesehatan secara berkelanjutan (sustainable) yang dipercaya oleh semua pemangku kepentingan.

Apa tugas dari Komponen 2?

Mendukung penguatan pelaksanaan ujian berbasis standar nasional dokter, dokter gigi, perawat dan bidan dengan mendirikan lembaga uji kompetensi nasional yang independen, memperbaiki metodologi dan manajemen ujian, dan mengembangkan sistem jaringan bank yang bertujuan untuk meningkatkan validitas dan reliabilitas ujian.

Apa itu LPUK?

Lembaga pengembangan uji kompetensi (LPUK) adalah lembaga mandiri yang bertanggung jawab terhadap pengembangan strategi, metodologi, implementasi dan perangkat uji kompetensi untuk tenaga kesehatan.

Apa fungsi LPUK?

Melakukan penjaminan mutu lulusan pendidikan tinggi kesehatan.

Sebutkan visi LPUK?

Menjadi lembaga independen yang melindungi masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan dari tenaga kesehatan yang kompeten melalui pengembangan uji kompetensi tenaga profesional kesehatan yang diakui di tingkat nasional, regional, dan internasional, serta memiliki mekanisme penjaminan mutu yang terpercaya

Apa tugas dari Komponen 3?

Melaksanakan Program Hibah Kompetisi, Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter (PHK-PKPD) sebagai upaya peningkatan kapasitas SDM, mencapai standar akreditasi dan uji kompetensi nasional bagi institusi pendidikan dokter

Siapa penanggung jawab dan pengelola proyek HPEQ?

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional bertanggung jawab penuh terhadap seluruh implementasi proyek di lingkungan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional. Pengelolaan Kegiatan ini terbagi menjadi dua tingkat yaitu pengelolaan di tingkat pusat (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) dan di tingkat Perguruan Tinggi. Unit Pelaksana Kegiatan pada tingkat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi adalah CPCU dan untuk Unit Pelaksana pada tingkat Perguruan Tinggi adalah PIU (Project Implementing Unit)

Apa saja dan bagaimana cara mencari produk Proyek HPEQ?

Ketikan keyword  yang anda inginkan, pada kolom search 

Apakah saya dapat mengakses seluruh produk proyek HPEQ atau harus melakukan register terlebih dahulu?

Seluruh produk HPEQ dapat diunduh tanpa harus melakukan register terlebih dahulu

Apa saja hasil konferensi proyek HPEQ tahun 2011 dan 2012?

Hasil konferensi dapat dilihat pada :

Menu REFERNSI > HASIL KONFERENSI

Bagaimana cara bertanya atau memberikan pendapat tentang Proyek HPEQ?

Surel :

www.hpeq.dikti.go.id

www.bimkes.org

www.hpeqstudent.org

Twitter :

@hpeqdikti

@hpeqstudent

Facebook :

Facebook.com/hpeqdikti